Senin, 20 Juli 2009

STRATEGI MENGATASI MASALAH LOVE & RELATIONSHIP ADDICTION

Setelah kita periksa diri apakah kita saat ini sedang terlibat dalam suatu relationship addiction, maka ada beberapa hal yang perlu di cermati bila kita ingin keluar dari lingkaran tersebut :

1. PEMULIHAN DIRI menjadi prioritas utama
2. Utamakan kebutuhan diri sendiri:
• lebih fokus untuk bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri yang selama di dalam relationship terabaikan.
• Fokus kepada proses tumbuh kembang diri sendiri misalnya: penuhi apa yang selama ini anda merasa tidak layak atau kurang terhadap diri sendiri
• Cermati apakah ada tugas-tugas perkembangan yang belum terpenuhi di dalam perjalanan hidup anda selama ini.
3. Bila kebutuhan diri sendiri sudah terpenuhi maka otomatis anda tidak lagi butuh pencarian rasa aman dan nyaman bagi diri sendiri dari orang lain dengan cara mencoba untuk merubah orang lain. Dengan demikian anda bisa mulai belajar untuk tidak mengendalikan dan /atau hidup orang lain.
4. Berani menghadapi berbagai problema, isu atau masalah apapun yang datang dalam kehidupan.
5. Kembangkan sisi “spiritualitas” : Cari tahu hal-hal yang bisa membuat anda merasa damai, tenang dan membuat komitmen untuk melakukan hal tersebut paling tidak setengah jam setiap hari.
6. Belajar untuk tidak “terperangkap” dalam pola permainan di dalam relationship anda; Hindari peran-peran yang membahayakan diri anda yang selama ini selalu di perankan dalam relationship, misalnya: “rescuer” (=helper); “persecutor” (=blamer); “victim” (=helpless one).
7. Bergabung dalam support group yang memiliki problema sama
8. Berbagi dengan orang lain pengalaman anda dan apa yang sudah didapatkan dari pengalaman tersebut
9. Meminta bantuan professional


Kapan anda membutuhkan bantuan professional??

1. Bila anda merasa tidak bahagia didalam sebuah relationship namun tidak yakin apakah anda harus menerima seperti apa adanya, atau membuat satu upaya untuk memperbaikinya atau keluar dari relationship tersebut.

2. Bila anda sudah memastikan bahwa anda harus mengakhiri relationship tersebut, dan anda pernah mencobanya namun tidak berhasil.

3. Bila anda mengenali bahwa keberadaan anda di dalam relationship tersebut untuk berbagai alasan yang salah, misalnya: merasa bersalah, atau takut kesepian dan kesendirian, dan anda tidak mampu untuk merasakan dampak dari perasaan2 tersebut diatas.

4. Bila anda mengenali bahwa anda memiliki satu pola untuk tetap berada di dalam satu relationship yang tidak baik dan anda tidak mampu untuk merubah pola tersebut didalam kehidupan anda.


“To free us from the expectations of others, to give us back to ourselves--there lies the great, singular power of self-respect.” -- Joan Didion

Semoga bermanfaat!


Diambil dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar