Minggu, 12 Juli 2009

LOCUS OF CONTROL atau MENYALAH GUNAKAN PENGARUH ANDA

“Ia membuat saya gila’ adalah ungkapan yang sering kita dengar. Mungkinkah orang lain memaksa diri kita untuk marah? Haruskah kita menanggapi orang lain ketika mereka mengancam diri kita? Ataukah kita lebih berkuasa dalam hal ini?

Eleanor Roosevelt menunjukkan tak seorangpun dapat membuat diri kita merasa rendah tanpa persetujuan diri kita. Tak seorangpun dapat membuat diri kita merasa marah tanpa persetujuan diri kita juga.

Bagi sebagian orang , tidak menjadi masalah apakah hujan atau terik matahari, mereka membawa cuaca mereka sendiri. Ini lebih dari sekedar ”melihat sisi terang” atau punya ”sikap mental positif”

Ini semua mengenai LOCUS OF CONTROL
Siapa yang ”menarik tali kendali diri kita”. Kita dapat mengendalikan pikiran diri kita sendiri dan apa yang kita katakan serta lakukan, atau kita dapat membiarkan orang lain mengejakannya.

Orang-orang yang membawa cuaca mereka sendiri tidak memerlukan sinar matahari untuk menjadi gembira. Mereka tidak perlu menerima pelayanan yang hebat agar suasana hatinya baik, dan layanan buruk tidaklah membuat suasana hati mereka juga buruk.

Locus of control mereka ada didalam, mereka kendalikan perasaan mereka, mereka mmutuskan apa yang akan mereka katakan dan lakukan. Sebagian yang lain akan membuka locus of control mereka, mereka membiarkan orang lain mengendalikan perilaku dan menentukan apakah mereka akan gembira atau sedih, senang atau tidak senang, penuh hormat atau kasar. Orang-orang ini telah menyerahkan kebebasan pilihan mereka, locus of control mereka ada di luar.

Berita baiknya: kita dapat memilih apa yang kita peroleh dengan memilih apa yang kita tanam.

Bila seseorang kasar kepada kita, kita punya pilihan. Ada dua pilihan: bertindak kasar sebagai balasan atau berlaku sopan.
Dalam setiap komunikasi kita punya pilihan dan masing-masing pilihan ini ada hasil yang dapat diprediksi karena kita menuai apa yang kita tanam.

Renungan:
Apakah kita sensitif terhadap pengaruh negatif orang lain.
Apakah kita mengendalikan apa yang kita katakan dan lakukan, atau apakah kita membiarkan orang lain menyalah gunakan pengaruh kita?
Dimana letak kendali diri kita: di dalam diri (internal) atau diluar (eksternal)
Itu semua pilihan APAKAH KITA MASIH INGIN HIDUP SEHAT ataukah sebaliknya

Semoga manfaat!
Sumber: Komunikasi sebening Kristal (Meraih kesuksesan melalui keterampilan memahami) karya Kris Cole

Tidak ada komentar:

Posting Komentar