Kamis, 04 Juni 2009

MENCARI MAKNA

Di dalam diri setiap orang terdapat dambaan untuk mencari makna serta kerinduan untuk dianggap berharga. Dambaan akan tujuan ini memicu kita membuat sejumlah pilihan yang akan mendatangkan kebahagiaan dan kepuasan yang diberikan oleh hidup itu sendiri.

Namun dalam dunia yang serba sibuk ini, amatlah mudah seseorang dibelokkan oleh pilihan yang kurang baik, kadang-kadang pilihan tersebut tanpa disadari dilakukan dalam jangka panjang yang akhirnya menjadi kehidupannya tidak bermakna dan tidak berharga.

Untuk meraih suatu kedamaian dalam jiwa dan perasaan bahwa sudah berhasil mencapai hal yang didambakan. Marilah! kita lakukan JEDA sejenak untuk memikirkan prioritas dan sasaran yang akan diraih. Dengan JEDA sejenak akan membuat pikiran menjadi jernih, keyakinan yang akan diraih menjadi lebih kuat yang akhirnya sesuatu yang dipilih akan memberikan makna yang dalam bagi kehidupan diri maupun orang lain.

Tiga prinsip yang dapat membantu diri seseorang mencari makna dalam kehidupan ini menurut Stephen R. Covey dalam bukunya EVERYDAY GREATNESS:
1. Lakukan Kontribusi
2.Lakukan Kemurahan Hati
3.Berikan Perhatian.


Kontribusi, melakukan sesuatu yang bermanfaat, misi hidup dimana seseorang ingin menjadi bagian dari sesutau yang bermakna. Kemurahan hati, terdapat dalam ucapan dan perbuatan terutama niat yang dilakuikan dengan ikhlas. Memberikan perhatian, dapat dengan mudah dilakukan bila seseorang tidak mementingkan dirinya sendiri. Disaat melihat keluar dari diri maka akan memilih untuk membantu hidup orang lain.

Orang ingin MENCARI MAKNA dalam kehidupannya adalah mereka yang telah membentuk pikiran serta tindakannya untuk sebuah tujuan yang membuat hidup mereka paling bermakna.

Semoga Manfaat!

Sumber:Stephen R. Covey dalam bukunya EVERYDAY GREATNESS:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar