Rabu, 15 Juli 2009

Pencegahan Virus H1N1 (Novel Influenza)

Dua bulan sudah berlalu sejak menyebarnya virus H1N1 (Novel Influenza) di beberapa negara di dunia, termasuk di Jepang. Untuk itu, ada baiknya kita mewaspadai virus ini dengan mengetahui hal-hal sebagai berikut.

Gejala Novel Influenza
Gejala flu jenis ini hampir sama dengan gejala flu pada umumnya, yaitu suhu badan di atas 38 derajat celcius, batuk, tenggorokan sakit, sakit pada persendian, sakit kepala, dan rasa letih. Ada juga gejala yang diiringi diare dan muntah. Bila seseorang memiliki gejala seperti telah disebutkan, ada kemungkinan orang tersebut telah terkena virus Novel Influenza dan dapat membuat orang di sekitarnya terinfeksi.

Obat ampuh untuk virus ini adalah Tamiflu dan Relenza yang bisa diperoleh di toko obat, dan tentunya harus dengan resep dokter. Belum ditemukan vaksin yang efektif untuk virus ini. Virus yang awalnya dikenal sebagai FLU BABI ini, kenyataannya tidak diinfeksikan dari mengkonsumsi babi ataupun makanan yang bersumber dari babi.

Cara Penyebaran Virus H1N1
Virus ini dapat menyebar dalam 7 hari dengan 2 cara penyebaran:
1.Menghirup udara yang mengandung virus ini akibat orang yang terinfeksi batuk ataupun bersin.
2.Memegang/menyentuh tempat-tempat yang terkena virus. Misalnya menyentuh pegangan pada kendaraan umum kemudian menyentuh wajahnya.

Cara Pencegahan Virus H1N1
Untuk menghindari terkena virus ini ada beberapa langkah yang dapat dilakukan :
1.Gunakan masker di tempat umum, terlebih bagi mereka yang sedang kurang fit, atau mungkin sedang pilek atau batuk. Gunakan masker meliputi hidung, mulut dan dagu, rekatkan pada kulit sehingga tidak ada sela antara kulit dan masker. Sebaiknya gunakan masker sekali pakai yang lebih efektif menahan virus ini.

2.Mencuci tangan dengan sabun selama lebih dari 15 detik, terutama setelah pulang dari bepergian. Gosoklah seluruh bagian tangan, sampai ke sela-sela jari, bagian depan dan belakang tangan, basuhlah dengan air mengalir, setelah itu keringkanlah dengan handuk bersih. Sebaiknya hindari pemakaian handuk untuk bersama-sama.

3.Berkumur setelah pulang dari bepergian dapat menghindari infeksi melalui mulut. Berkumur dilakukan sebanyak 2-3 kali setelah mencuci tangan. Pastikan berkumur dengan menggunakan satu gelas untuk satu orang, hindari pemakaian gelas bersama.

4.Lakukan etika batuk, yaitu saat anda batuk ataupun bersin, tutuplah mulut dan hidung dengan tissue ataupun kain dan menghindar dari orang lain sekitar 2 meter jaraknya. Jika tissue ataupun kain tidak ada, gunakan tangan Anda untuk menutupnya kemudian bercuci tanganlah.

5.Hindari pergi ke tempat ramai ataupun travelling. Sebaiknya menyimpan cukup persediaan makanan sehingga tidak perlu sering keluar rumah. Dan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi cukup nutrisi dan cukup olahraga sehingga keseimbangan hidup dapat terjaga.

Jika Anda merasa salah satu gejala yang telah disebutkan di atas melekat pada diri Anda, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah menelpon Pusat Konsultasi Kesehatan sebelum pergi ke rumah sakit. Pusat Konsultasi ini akan menyarankan rumah sakit mana yang dapat Anda kunjungi. Pastikan Anda menggunakan masker saat Anda datang ke rumah sakit, dan pastikan Anda berusaha sebaik mungkin untuk tidak menularkan sakit Anda kepada orang di sekitar Anda.

Semoga bermanfaat...

Sumber : The Tsukuba bulletin, June 2009

by Umi Rina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar